STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH MELALUI AKUN INSTAGRAM DISBUDPAR KOTA BANDUNG

Wigarda, Aditya Danand (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH MELALUI AKUN INSTAGRAM DISBUDPAR KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak ind,ing,sunda.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar tabel.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar persetujuan.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemerintah Melalui Akun Instagram Disbudpar Kota Bandung”. Disbudpar Kota Bandung menggunakan instagram sebagai media untuk menyampaikan berbagai pesan atau informasi tentang aktivitas dan kegiatan berkaitan dengan program-program pemerintah yang akan dan telah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Disbudpar Kota Bandung melalui akun instagram @disbudpar.bdg dan aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh Disbudpar Kota Bandung dalam menyampaikan informasi tentang program- program pemerintah dalam sektor pariwisata di Kota Bandung. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi deskriptif kualitatif menggunakan paradigma penelitian konstruktivisme. Penggunaan metode ini adalah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan tentang strategi komunikasi yang dilakukan oleh Disbudpar Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Communication Goal Theory. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduction (Reduksi data) Display data (Penyajian data) Conclusion drawing (Menarik kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung (Disbudpar) melalui aspek media online dan offline. Fokus utamanya adalah dengan menggunakan media online karena dianggap lebih efektif dan memiliki jangkauan yang lebih luas terhadap khalayak. Disbudpar Kota Bandung memiliki dua jenis aktivitas komunikasi yang dilakukan, yakni komunikasi internal dan komunikasi eksternal, untuk menyampaikan informasi tentang program-program pemerintah di sektor pariwisata. Dengan adanya kolaborasi internal dan interaksi eksternal melalui media sosial, Disbudpar Kota Bandung dapat efektif dalam menyampaikan informasi, meningkatkan partisipasi masyarakat, serta membangun citra positif terkait dengan program-program pemerintah di sektor pariwisata. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Aktivitas Komunikasi, Instagram, Disbudpar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 23 Mar 2024 02:39
Last Modified: 23 Mar 2024 02:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68485

Actions (login required)

View Item View Item