PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Pasundan 4 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023)

ANISA SUSI, 195020074 (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Pasundan 4 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung semester genap tahun ajaran 2022/2023, (ii) keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung semester genap tahun ajaran 2022/2023, (iii) seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran dengan metode survei dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji intrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, dan uji hipotesis terdiri dari uji t, uji regresi linear sederhana dan koefisien determinasi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS I dan X IPS II di SMA Pasundan 4 Bandung sebanyak 50 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (i) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung semester genap tahun ajaran 2022/2023 termasuk kategori baik memperoleh rata-rata 3,37 dengan persentase 67%, (ii) keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung semester genap tahun ajaran 2022/2023 termasuk kategori baik memperoleh rata-rata 3,62 dengan persentasi 72%, (iii) motivasi belajar memberikan pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung semester genap tahun ajaran 2022/2023 sebesar 76,6% dan 23,4% dipengaruhi oleh faktor diluar ranah motivasi belajar. Saran dari peneliti sebagai akhir dari penelitian sebagai berikut: (i) bagi siswa, diharapkan siswa dapat meningkatkan motivasi dalam berbagai kondisi dan diharapkan dapat berpartisipasi dengan aktif selama proses pembelajaran, (ii) bagi guru, diharapkan dapat memberikan berbagai motivasi kepada siswa, (iii) bagi pihak sekolah, diharapkan dapat memberikan fasilitas yang dapat memicu meningkatnya motivasi belajar dan keaktifan belajar, serta (iv) bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan acuan untuk penelitian dan diharapkan peneliti dapat menambah variabel-variabel lain yang mungkin dapat mempengaruhi keaktifan belajar diluar ranah motivasi belajar. Kata kunci: Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:26
Last Modified: 21 Mar 2024 03:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68286

Actions (login required)

View Item View Item