DIPLOMASI BUDAYA INDONESIA MELALUI SOUND OF BOROBUDUR MUSIC OVER NATIONS DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN ASING PASCA COVID 19 KE INDONESIA

Septiani, Putri (2023) DIPLOMASI BUDAYA INDONESIA MELALUI SOUND OF BOROBUDUR MUSIC OVER NATIONS DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN ASING PASCA COVID 19 KE INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
11.KATA PENGANTAR PutriS.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN PutriS.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.DAFTAR PUSTAKA PutriS.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB II PutriS.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.COVER PutriS.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.DAFTAR ISI PutriS.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB 1 PutriS.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.ABSTRAK 3 BAHASA PutriS.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang memiliki banyak aset kebudayaan dan tentu saja dapat memberdayakannya untuk melakukan diplomasi kebudayaan guna memenuhi kepentingan politiknya. Diplomasi kebudayaan, sebagai sarana atau media untuk mengubah citra terhadap Indonesia bisa saja sulit dilakukan akibat kurangnya informasi mengenai Indonesia, tetapi diplomasi kebudayaan pada dasarnya mempunyai unsur-unsur universal, dimana unsur-unsur tersebut terdapat padasemua bangsa di dunia meliputi bahasa, sistem perekonomian, organisasi sosial, sistemteknologi, sistem pengetahuan, kesenian dan kepercayaan suatu bangsa. Namun dengan adanya pandemi Covid-19 di Indonesia yang telah mengganggu sektor utama Indonesia di bidang ekonomi, kesehatan, dan pariwisata. Akibat gangguan sektor tersebut, pemerintah Indonesia berusaha mencari solusi dalam upaya pemulihan pariwisata dan perekonomian pasca pandemic covid 19. Salah satunya dengan festival Sound of Borobudur Music Nations yang didalamnya terdapat aset budaya Indonesia yang terkenal hingga ke seluruh dunia adalah Candi Borobudur. Candi Boroudur adalah merupakan candi yang yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Jutaan orang datang untuk mengunjungi bangunan yang termasuk dalam World Wonder Heritages versi UNESCO. Hal ini dikarenakan secara arsitektural maupun fungsinya sebagai tempat ibadah, Borobudur memang termasuk salah satu bangunan tertua dan ajaib di dunia, selain itu didalam bangunan Candi Borobudur juga ditemukan adanya alat-alat musik di pahatan dalam panel-panel relief candi, sedikitnya terpahat 45 jenis alat music meliputi 34 provinsi di Indonesia, dan minimal 40-an negara di seluruh dunia dan atasdasar itulah terciptanya gagasan sound of Borobudur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berdampaknya pandemi Covid 19 terhadap kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui apakah sound of Borobudur music over nations dapat meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, dan juga dapat dijadikan salah satu alat diplomasi budaya Indonesia. Pada penelitian ini teknik yang digunakan adalah uji hipotesis dengan metode deskriptif kualitatif. Kesimpulan menunjukan pada pengimplementasian acara Sound of borobudur music over nations mengalami banyak hambatan yang disebabkan oleh adanya pandemi Covid 19 , oleh karena itu festival tersebut tidak terlalu efektif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia pasca adanya covid 19. Namun meski demikian melalui penelitian ini, acara sound of borobudur music over nations dapat dijadikan salah satu alat diplomasi budaya Indonesia ntuk memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara. Kata Kunci : Sound Of Borobudur, Diplomasi Budaya, Indonesia, Covid 19.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 20 Mar 2024 08:11
Last Modified: 20 Mar 2024 08:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68276

Actions (login required)

View Item View Item