Azahra, Dinda Amalia (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI TOKO ATK ALFIN SUBANG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (701kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
kata pengantar.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (842kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (683kB) | Preview |
Abstract
Toko Alfin Subang adalah salah satu toko yang menjual berbagai macam alat tulis kantor (ATK) yang terletak di Jl. Ampera No. 5 Subang Jawa Barat. Berdasarkan hasil peneliti diketahui bahwa terdapat permasalahan sehubungan dengan konsumen yang tidak puas yang disebabkan oleh kurangnya kualitas pelayanan yang disediakan oleh toko Alfin Subang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan peneliti lapangan. Dalam penelitian lapangan ini peneliti melakukan wawancara, observasi non partisipan dan penyebaran angket kepada konsumen. Analisis data yang digunakan persamaan regresi linier sederhana, uji hipotesis, koefisien korelasi rank spearman dan koefisien determinasi. Hasil dari pengolahan data korelasi person diperoleh sebesar 0,743 berarti pelaksanaan kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen toko atk Alfin Subang mempunyai hubungan yang kuat dan efisien determinasi diperoleh sebesar 55,2% yang berarti mempunyai pengaruh signifikan diantara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hambatan yang dihadapi yaitu Kualitas sumber daya manusia dalam hal softskill, pelayanan kepada konsumen masih kurang terampil. Kesadaran akan disiplin kerja yang masih belum tercapai pada sumber daya manusia toko Alfin Subang. Perusahaan kurang mengembangkan fasilitas mengenai pembayaran dengan metode digital. Usaha yang dilakukan oleh perusahaan adalah pelatihan kepada sumber daya manusia yang bertugas melayani konsumen untuk memfokuskan dalam hal keterampilan komunikasi dengan konsumen. Menerapkan sistem pemberian hukuman dan hadiah kepada karyawan yang mendorong sikap disiplin dan memenuhi tanggung jawab. Perusahaan kurang mengembangkan fasilitas fisik pembayaran seperti Qris, Gopay, Shopeepay untuk memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi pembelian. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan antara lain meningkatkan kualitas pelayanan seperti bekerja sama dengan pihak human developement untuk dilakukan training dalam hal softskill yang dibutuhkan. Serta melakukan pengawasan dan pengarahan untuk karyawan agar kinerja karyawan lebih terpercaya kepuasan konsumen pada toko Alfin Subang. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan kepuasan konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 03:03 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 03:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68193 |
Actions (login required)
View Item |