PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ( Penelitian Quasi Experiment di Kelas IV SDN Budhi Karya )

Ayuananda Deffa Muqita, 195060117 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ( Penelitian Quasi Experiment di Kelas IV SDN Budhi Karya ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (34MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SDN Budhi Karya Tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar, metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekperiment dengan bentuk nonequivalent control group design instrumen penelitian menggunatan tes yaitu pretest dan postest dengan jenis soal pilihan ganda dan instrumen non tes yaitu dokumentasi dan observasi, tenik analis untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji effectsize hasil penelitian ini menunjukan bahwa penelitian media diorama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, hal ini di ketahui dari hasil nilai rata - rata pretest sebesar 53,87 meningkat menjadi 88,40 pada postes dan hasil uji hipotesis Nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000, lebih kecil dari level signifikansi yang telah ditentukan (0,05). Oleh karena itu, dari aturan pengambilan keputusan statistik, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu yang artinya bahwa terdapat perbedaan antara kelas ekperiment yang menggunakan media diorama dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional kemudian hasil uji effectsize memperoleh 2,998 menunjukan effect yang sangat besar, oleh karena itu dapat di simpulkan bahwa Media diorama berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa Kata Kunci : Hasil Belajar , Media Diorama

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:07
Last Modified: 07 Mar 2024 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68150

Actions (login required)

View Item View Item