Ayuananda Deffa Muqita, 195060117 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ( Penelitian Quasi Experiment di Kelas IV SDN Budhi Karya ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (34MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SDN Budhi Karya Tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar, metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekperiment dengan bentuk nonequivalent control group design instrumen penelitian menggunatan tes yaitu pretest dan postest dengan jenis soal pilihan ganda dan instrumen non tes yaitu dokumentasi dan observasi, tenik analis untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji effectsize hasil penelitian ini menunjukan bahwa penelitian media diorama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, hal ini di ketahui dari hasil nilai rata - rata pretest sebesar 53,87 meningkat menjadi 88,40 pada postes dan hasil uji hipotesis Nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000, lebih kecil dari level signifikansi yang telah ditentukan (0,05). Oleh karena itu, dari aturan pengambilan keputusan statistik, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu yang artinya bahwa terdapat perbedaan antara kelas ekperiment yang menggunakan media diorama dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional kemudian hasil uji effectsize memperoleh 2,998 menunjukan effect yang sangat besar, oleh karena itu dapat di simpulkan bahwa Media diorama berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa Kata Kunci : Hasil Belajar , Media Diorama
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 07:07 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 07:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68150 |
Actions (login required)
View Item |