PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PT SUPRA PRIMATAMA NUSANTARA TERHADAP LAYANAN PENGGUNAAN BIZNET NETWORKS ATAS GANGGUAN JARINGAN BERDASARKAN UNDANG – UNDANG NO 8 TAHUN 1999 PERLINDUNGAN KONSUMEN

Muhammad Zulfikar Chaniago, 181000401 (2024) PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PT SUPRA PRIMATAMA NUSANTARA TERHADAP LAYANAN PENGGUNAAN BIZNET NETWORKS ATAS GANGGUAN JARINGAN BERDASARKAN UNDANG – UNDANG NO 8 TAHUN 1999 PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
01.COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08.BAB1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09.BAB2.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
10.BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
11.BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
12.BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah dimana semakin berkembangnya teknologi informasi dalam layanan penggunaan BIZNET, PT Supra Primatama Nusantara yang semestinya memperoleh hak untuk menerima harga pembayaran jasa internet dari konsumen sebagai pengguna jasa internet ,Konsumen juga seharusnya mendapatkan haknya, salah satunya apabilan terjadinya gangguan jaringan internet. Hal ini tentu saja mengganggu aktivitas konsumen yang menggunakan BIZNET, sehingga dapat menghambat aktivitasnya yang selama ini bergantung pada jaringan internet. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengkaji perlindungan hukum terhadap konsumen Internet Biznet Apabila terjadi gangguan jaringan dihubungkan dengan Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. (2) Untuk mengkaji tanggung jawab pelaku usaha apabila terjadi gangguan jaringan pada layanan BIZNET. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif, dengan mneggunakan pendekatan yuridis normatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara serta studi keperpustakaan dan analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa Bentuk tanggung jawab dari perusahaan Biznet terhadap kerugian konsumen muncul karena tidak terjalankan kewajiban dari pelaku usaha yaitu memelihara jaringan akses agar berfungsi dengan baik, akibat dari tidak berfungsinya jaringan akses dengan baik pelanggan mengalami kerugian, terlebih lagi pelanggan yang mempunyai suatu usaha. Kesalahan yang menimbulkan kerugian dapat dilakukan oleh kedua belah pihak, baik konsumen sebagai pelanggan maupun oleh Biznet sebagai pelaku usaha. Namun, dalam pembahasan ini akan difokuskan pada kesalahan yang diakibatkan oleh PT Supra Primatama Nusantara. Kata Kunci : pertanggung jawaban hukum, layanan penggunaan biznet networks, gangguan jaringan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2024
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:16
Last Modified: 05 Mar 2024 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68136

Actions (login required)

View Item View Item