SINERGITAS RESTORATIVE JUSTICE DENGAN KEARIFAN LOKAL DI INDONESIA DIKAITKAN DENGAN TUJUAN HUKUM (Studi di Kejaksaan Negeri Lebong)

Setiawan, Ferdy (2024) SINERGITAS RESTORATIVE JUSTICE DENGAN KEARIFAN LOKAL DI INDONESIA DIKAITKAN DENGAN TUJUAN HUKUM (Studi di Kejaksaan Negeri Lebong). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
FERDY_MIH.docx

Download (156kB)

Abstract

Keadilan Restorative mengacu pada serangkaian praktik keadilan yang memiliki banyak prinsip yang sama tetapi memiliki prosedur yang sangat berbeda. Nilai-nilai ini mendorong para pelanggar untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka dan untuk memperbaiki kerugian yang mereka timbulkan, biasanya (meskipun tidak selalu) dalam komunikasi dengan korban pribadinya. Badan Musyawarah Adat merupakan alternatif penyelesaian sistem hukum pidana yang bersinergi dengan Restorative Justice untuk mewujudkan keadilan sesuai kebutuhan masyarakat sesuai dengan perundang-undangan. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau penerapan Restorative Justice dengan kearifan lokal Badan Adat Masyarakat Lebong dengan tujuan hukum yaitu keadilan, memberikan kepastian hukum, dan kebermanfaatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan kearifan lokal dalam penyelesaian hukum melalui lembaga atau peradilan adat dianggap lebih efektif yang sejalan dengan implementasi Restorative Justice. Pengadilan adat dianggap lebih efektif, sistematis dan mencerminkan nilai hukum dalam masyarakat adat serta putusan pengadilan adat atas dasar keadilan, patut, layak, laras dengan tujuan kerukunan atau keseimbangan dalam lingkungan adatnya. Mekanisme Peradilan Adat Desa (Jenang Kutei) di Lebong terdiri dari beberapa Susunan Acara mengaacu pada 1) Tahapan Pra Persidangan, 2) Pembacaan Tata Tertib Sidang, 3) Pelaksanaan Sidang, 4) Pembacaan Do’a Selamat. Penerapan Restorative Justice sejalan dengan perwujudan dalam melestarikan hukum peradilan atau keadilan yang ada didalam masyarakat. Implementasi peradilan adat dengan restorative justice harus mendapat perhatian penuh dari para pemangku kebijakan agar dapat diterapkan dalam sistem peradilan di Indonesia. Kata Kunci : Kearifan Lokal; Restorative Justice; Tujuan Hukum

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Hukum 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 23 Feb 2024 09:36
Last Modified: 23 Feb 2024 09:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68061

Actions (login required)

View Item View Item