MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS 3 SEKOLAH DASAR (Penelitian Eksperimen pada Pembelajaran Matematika di Kelas III Semester 1 Sekolah Dasar Negeri 131 Cijawura Bandung)

Putri Novia Dwi, 195060140 (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS 3 SEKOLAH DASAR (Penelitian Eksperimen pada Pembelajaran Matematika di Kelas III Semester 1 Sekolah Dasar Negeri 131 Cijawura Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pendidikan memiliki banyak definisi yang berbeda, tergantung pada sudut pandang dan konteksnya. Matematika memiliki peran penting di dalam sistem pendidikan. Tidak hanya sebagai mata pelajaran, matematika juga berfungsi sebagai fondasi untuk mengembangkan berbagai kemampuan berpikir dan pemecahan masalah yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari serta pemahaman disiplin ilmu lainnya. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam konteks ini adalah konsep Pemecahan Masalah dalam konteks Soal Cerita Penjumlahan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 131 Cijawura yang berlokasi di Jl. Cijawura Hilir No. 386, Cijaura, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40287. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengaruh dan berapa besar perbedaan peningkatan dengan memberikan perlakuan tertentu pada kelas eksperimen sementara tidak memberikan perlakuan pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa kemampua pemecahan masalah disertai dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebesar 0,939 mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang mengandung pengertian bahwa pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap model PBL adalah sebesar 88,1%. Dengan mengambil langkah-langkah ini, diharapkan kualitas pembelajaran matematika dapat meningkat dan siswa akan lebih terlibat serta memahami aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Feb 2024 06:42
Last Modified: 20 Feb 2024 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68026

Actions (login required)

View Item View Item