PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIKLUS HIDUP PADA PEMBELAJARAN IPA SD

HEDDONA HERDA, 195060005 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIKLUS HIDUP PADA PEMBELAJARAN IPA SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya pemahaman konsep peserta didik khususnya pada pembelajaran IPA, dikarekan hal tersebut banyak peserta didik yang belajar dengan cara menghafal. Proses pembelajaran pun masih bersifat berpusat kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran inkuriri terbimbing terhadap pemahaman konsep IPA tentang siklus hidup pada peserta didik. Kelas IV di SD Budi Sastra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment, lalu untuk instrumen penelitian menggunakan test (pretest dan posttest) dan non-test (observasi). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T Test dan Effect Size. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,8 dan kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 71,5 dengan hasil uji data Independent Sample T Test sebesar 0,011 serta hasil effect size sebesar 2,018. Berdasarkan hasil uji data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing ini memiliki pengaruh untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA tentang siklus hidup pada peserta didik. Kata Kunci: Model Inkuiri Pendidikan, Pemahaman Konsep IPA, Siklus Hidup

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:00
Last Modified: 13 Feb 2024 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67856

Actions (login required)

View Item View Item