PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CANGKUANG 01

Darlaini, Darlaini and Sunata, Sunata (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CANGKUANG 01. Penelitian Tindakan Kelas. pp. 1-12.

[img]
Preview
Text
PTK_Darlaini, S.Pd.SD.-2.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi nilai ulangan harian peserta didik kelas IV-B di SDN Cangkuang 01 pada pelajaran IPAS, di mana dari 20 peserta didik, yang mencapai KKTP yaitu 10 peserta didik atau sekitar 50% dengan nilai rata-rata kelas 67. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV-B SDN Cangkuang 01. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart yang dilaksanakan dimulai dari pra siklus, siklus I dan diakhiri pada siklus II. Model pembelajaran yang digunakan adalah model Problem Based Learning berbantuan video. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan ragam persentase. Pada siklus I 13 dari 20 peserta didik atau 65% peserta didik mencapai KKTP dengan nilai ratarata kelas 70. Pada siklus II 17 dari 20 peserta didik atau 85% peserta didik mencapai KKTP dengan nilai rata-rata kelas 85. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan video mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Video

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:28
Last Modified: 06 Feb 2024 04:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67806

Actions (login required)

View Item View Item