PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Sholeha Nyimas Parhani Padlia, 195060098 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan selama proses pembelajaran identik dengan menggunakan buku paket sebagai sumber referensi sehingga menimbulkan siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi masih terbatas dan pemanfaatannya belum optimal selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh dan efektifitas media pembelajaran canva terhadap hasil belajar kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Pada penelitian ini sampel yang digunakan ialah siswa kelas V SDN Angkasa 12 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest dan lembar observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji independent sample t test, dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media pembelajaran canva memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN Angkasa 12. Hal ini terlihat dari hasil uji independent sample t test diperoleh nilai signifikan sebesar 0,727 dengan didapatkan nilai thitung sebesar 2,639 > 1,677 ttabel dan diketahui sig berdistribusi sebesar 0,727 > 0,05. Sedangkan uji effect size dengan diperoleh nilai sebesar 0,77. Hasil ini disesuaikan dengan ketentuan kriteria, yaitu jika nilai effect size 0,5 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh besar terhadap proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan efektifitas media pembelajaran canva terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: media pembelajaran, canva, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:51
Last Modified: 30 Jan 2024 07:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67776

Actions (login required)

View Item View Item