PENGARUH STRUKTUR DAN PENGERJAAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KIARACONDONG (Penelitian Deskriptif Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar di Kec. Kiaracondong Kota. Bandung)

Hidayat Dede, 195060154 (2024) PENGARUH STRUKTUR DAN PENGERJAAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KIARACONDONG (Penelitian Deskriptif Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar di Kec. Kiaracondong Kota. Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh keterampilan guru yang masih monoton dalam hal ini peneliti melihat guru sudah memahami kemampuan siswa dalam memahami LKPD yang di buat, dan kurang kreatif dalam membuat atau merancang LKPD yang menarik karena itu peneliti tertatrik untuk membahas pengaruh struktur dan pengerjaan LKPD terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi sekolah dasar kecamatan kiaracondong. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur dan pengerjaan LKPD yang dilakukan terhadap hasil belajar siswa yang sudah dan belum menggunakan LKPD, serta untuk pengaruh LKPD terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Nilai pemahaman awal guru yang menggunakan LKPD sebesar 8,82 dengan kategori rendah, nilai proses pembelajaran yang menggunakan LKPD sebesar 25,33 dengan kategori tinggi dan 87,15 dengan kategori tinggi, lalu rata-rata pencapaian hasil belajar siswa Non-LKPD sebesar 75,68 dengan persentase kecenderungan pencapaian hasil belajar siswa sebanyak 73 (89%) siswa pencapaian hasil belajarnya tuntas, sedangkan sebanyak 9 (11%) siswa pencapaian hasil belajarnya belum tuntas., 2) Nilai pemahaman awal guru yang menggunakan LKPD sebesar 12,37 dengan kategori sangat tinggi, nilai proses pembelajaran yang menggunakan LKPD sebesar 29,18 dengan kategori sangat tinggi dan 82,06 dengan kategori tinggi, Adapun rata-rata pada nilai siswa yang menggunakan LKPD sebesar 82,5 dengan persentase kecenderungan pencapaian hasil belajar siswa sebanyak 100 (93%) siswa pencapaian hasil belajarnya tuntas, sedangkan sebanyak 7 (7%) siswa pencapaian hasil belajarnya belum tuntas, 3) Hasil perhitungan menggunakan UjiT diperoleh nilai sig sebesar 0,02. Hasil tersebut jika dibandingkan dengan taraf signifikasi 5% (0.05) maka nilai sig lebih kecil dari taraf signifikasi 5% (0,02 < 0,05) dapat diartikan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan LKPD mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian untuk kategori pengaruh struktur dan pengerjaan LKPD terhadap hasil belajar yaitu pada siswa Non-LKPD mendapatkan rata-rata 75,68 dengan kategori efektif, sedangkan pada siswa LKPD mendapatkan rata-rata 82,5 dengan kategori sangat efektif. Kata Kunci: LKPD, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:11
Last Modified: 29 Jan 2024 07:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67773

Actions (login required)

View Item View Item