PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK WIRAKARYA (Eksperimen Semu di SMK Wirakarya)

TAUFIK DEDEN IHSAN, 185010035 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK WIRAKARYA (Eksperimen Semu di SMK Wirakarya). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran discovery learning berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan oleh penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu quasi experimental atau eksperimen semu serta variabel independent yaitu pengaruh model pembelajaran discovery learning dan variabel dependen yaitu motivasi peserta didik. Sampel penelitian yang digunabakan oleh peneliti merupakan sampling purposive. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI TKJ 1, dan XI TKJ 2. Selanjutnya, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan wawancara. Peneliti memproses hasil data analisis diantaranya yaitu teknis analisis uji normalitas, homogenitas, regresi linear sederhana, dan yang terakhir uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik pada saat menggunakan model pembelajaran hasil dari proses penerapan model pembelajaran discovery learning membuktikan pengaruh yang baik dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dimana nilai t hitung > t tabel (5,169 > 1,697) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Maka terbukti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran discovery learning pada mata pelajara Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan terhadap motivasi belajar pesertaa didik memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Wirakarya Ciparay. Serta bagaimana hasil dari R-Square (Pengaruh discovery learning) terhadap variabel terikat (Motivasi peserta didik) adalah sebesar R Square 0,671 x 100 = 67,1% dibulatkan menjadi 67% jadi presentase yaitu 67 % dan sisanya dari 33% dipengaruhi oleh faktor yang lain. Kata kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:22
Last Modified: 19 Jan 2024 07:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67735

Actions (login required)

View Item View Item