ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN DAN IMPELEMENTASINYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP KELAS IX

KARTIKA RIKA, 195030058 (2024) ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN DAN IMPELEMENTASINYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP KELAS IX. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. RINGKESAN.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang masalah-masalah yang dihadapi dalam penggunaan bahasa dan pembelajaran Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sering digunakan dengan banyak kesalahan, terutama dalam dunia pendidikan. Peserta didik sering mengalami hambatan dalam memahami dan menggunakan bahasa dengan baik dan benar. Salah satu keterampilan berbahasa yang kurang diminati oleh siswa adalah membaca, karena kurangnya kesadaran akan pentingnya membaca dalam meningkatkan pengetahuan. Masalah lain yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah pemahaman makna tuturan dan penggunaan media pembelajaran. Pemahaman makna tuturan sering kali terganggu karena faktor konteks dan pengungkapan yang tidak langsung. Sementara itu, penggunaan media pembelajaran dalam masih kurang, terutama dalam pemanfaatan teknologi. Banyak guru yang mengalami hambatan dalam menggunakan media pembelajaran, sehingga motivasi belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami masalah-masalah yang terkait dengan penggunaan bahasa dan pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini berjumlah 200 tuturan, yang didominansi dengan kemunculan ilokusi asertif (64,5%), ilokusi direktif (26,5%), ilokusi komisif (6,5%), ilokusi ekspresif (2,5%), dan ilokusi deklaratif (0%). Maksud tuturan yang ditemukan didominansi dengan maksud memberitahu (29,5%), menyatakan (28%), memerintah (23,5%), menegaskan (0,5%), mengucapkan terima kasih (1,5%), meminta (1%), melarang (1,5%), memuji (1%), memanjatkan doa (1%), menyarankan (0,5%) , menjanjikan (1,5%), mengkritik (1%), kekhawatiran (0,5%), meminta maaf (0,5%), Kata Kunci: pembelajaran Bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa, membaca, tindak tutur, media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:00
Last Modified: 12 Jan 2024 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67696

Actions (login required)

View Item View Item