PERANAN SEKOLAH LUAR BIASA DALAM PELAYANAN DAN PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus di SLB-B Tut Wuri Handayani Bandung)

FAUZIAN MOCHAMMAD FIQRY, 195010025 (2023) PERANAN SEKOLAH LUAR BIASA DALAM PELAYANAN DAN PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus di SLB-B Tut Wuri Handayani Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Peranan Sekolah Luar Biasa Dalam Pelayanan dan Pemenuhan Hak Pendidikan Pada Anak Berkebutuhan Khusus sangat penting. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencaanaan, kendala, dan cara mengatasi kendala peranan sekolah luar biasa dalam pelayanan dan pemenuhan hak pendidikan pada anak berkebutuhan khusus di SLB-B Tut Wuri Handayani Kota Bandung. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, bagian administrasi, dan peserta didik anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peranan sekolah luar biasa dalam pelayanan dan pemenuhan hak pendidikan pada anak berkebutuhan khusus di SLBB Tut Wuri Handayani Kota Bandung sudah terpenuhi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, pihak sekolah luar biasa sudah memberikan pelayanan dalam pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka yang telah berlaku, anak berkebutuhan khusus sebagai peserta didik juga mendapatkan pemenuhan haknya yaitu dana bantuan dari pemerintah yang telah terdaftar di Dapodik (Data Pokok Pendidikan). (2) Kendala yang dihadapi pada pelayanan dan pemenuhan hak pendidikan pada anak berkebutuhan khusus diantaranya anak berkebutuhan khusus sebagai peserta didik tidak bisa mendapatkan dana bantuan dari pemerintah karena dokumen diantaranya seperti akte keluarga dan kartu keluarga yang ada di dapodik belum terkumpul dan belum lengkap. (3) Cara mengatasi kendala yaitu mengingatkan kembali kepada pihak orang tua untuk mengumpulkan dokumen secara lengkap. Kata Kunci: Peranan, Pelayanan Hak, Pemenuhan Hak, Sekolah Luar Biasa, Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:59
Last Modified: 09 Jan 2024 07:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67691

Actions (login required)

View Item View Item