FAUZIAN MOCHAMMAD FIQRY, 195010025 (2023) PERANAN SEKOLAH LUAR BIASA DALAM PELAYANAN DAN PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus di SLB-B Tut Wuri Handayani Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (227kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
Peranan Sekolah Luar Biasa Dalam Pelayanan dan Pemenuhan Hak Pendidikan Pada Anak Berkebutuhan Khusus sangat penting. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencaanaan, kendala, dan cara mengatasi kendala peranan sekolah luar biasa dalam pelayanan dan pemenuhan hak pendidikan pada anak berkebutuhan khusus di SLB-B Tut Wuri Handayani Kota Bandung. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, bagian administrasi, dan peserta didik anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peranan sekolah luar biasa dalam pelayanan dan pemenuhan hak pendidikan pada anak berkebutuhan khusus di SLBB Tut Wuri Handayani Kota Bandung sudah terpenuhi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, pihak sekolah luar biasa sudah memberikan pelayanan dalam pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka yang telah berlaku, anak berkebutuhan khusus sebagai peserta didik juga mendapatkan pemenuhan haknya yaitu dana bantuan dari pemerintah yang telah terdaftar di Dapodik (Data Pokok Pendidikan). (2) Kendala yang dihadapi pada pelayanan dan pemenuhan hak pendidikan pada anak berkebutuhan khusus diantaranya anak berkebutuhan khusus sebagai peserta didik tidak bisa mendapatkan dana bantuan dari pemerintah karena dokumen diantaranya seperti akte keluarga dan kartu keluarga yang ada di dapodik belum terkumpul dan belum lengkap. (3) Cara mengatasi kendala yaitu mengingatkan kembali kepada pihak orang tua untuk mengumpulkan dokumen secara lengkap. Kata Kunci: Peranan, Pelayanan Hak, Pemenuhan Hak, Sekolah Luar Biasa, Anak Berkebutuhan Khusus
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 07:59 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 07:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67691 |
Actions (login required)
View Item |