Pengaruh Lingkungan Bisnis Eksternal, Manajemen Inovasi, Market Positioning, Channel Traction Terhadap Kinerja Pemasaran Startup Teknologi melalui keunggulan Bersaing (survei pada startup Indonesia dan beberapa startup ASEAN).

Ayu Estri Mahani, Septiana and Jusuf, Eddy and Djulius, Horas (2023) Pengaruh Lingkungan Bisnis Eksternal, Manajemen Inovasi, Market Positioning, Channel Traction Terhadap Kinerja Pemasaran Startup Teknologi melalui keunggulan Bersaing (survei pada startup Indonesia dan beberapa startup ASEAN). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Pengaruh Lingkungan Bisnis Eksternal.docx

Download (1MB)

Abstract

Kawasan ASEAN adalah rumah bagi ekosistem startup teknologi muda dan bersemangat yang tumbuh dengan cepat ditunjukkan oleh meningkatnya jumlah start-up teknologi. Menurut Laporan Investasi ASEAN, ada lebih dari 23.850 start-up teknologi di seluruh ASEAN per Mei 2021, mewakili peningkatan 77 persen sejak Agustus 2018. Penelitian ini melihat hubungan kasualitas antara lingkungan bisnis eksternal, manajemen inovasi, market traction, market positioning terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing menggunakan pendekatan Kuantitatif Deskriptif, dengan Teknik sampling Proporsional Cluster Random Sampling , menggunakan Analisa SEM , melakukan survei secara langsung dengan wawancara dan penyebaran kuestioner kepada responden para CEO / Founder Startup di beberapa incubator, beberapa event startup di Kawasan Indonesia, Singapore, Malaysia dan Vietname. Thailand. Berdasarkan hasil pengolahan data mengenai Pengaruh Lingkungan Bisnis Eksternal, Manajemen Inovasi, Channel Traction, Market Positioning terhadap Kinerja Pemaaran melalui Keunggulan Bersaing, dapat diambil kesimpulan secara keseluruhan masih berada dalam kategori cukup baik. Secara simultan pengaruh variabel lingkungan bisnis eksternal, manajemen inovasi, channel traction dan market positioning terhadap Keunggulan bersaing sebesar 74,5%, dan Pengaruh langsung variabel Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran sebesar 81%. Keyword : StartupTeknologi, Channel Traction Startup, Marketing Performance

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2024
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:04
Last Modified: 09 Jan 2024 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67685

Actions (login required)

View Item View Item