Pengaruh Kepemimpinan Melayani, Budaya Perguruan Tinggi, dan Komitmen Dosen terhadap Berbagi Pengetahuan serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen (Survey pada Dosen Politeknik LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara)

Mrs, Nursaimatussaddiya and Priadana, Sidik and Djulius, Horas (2023) Pengaruh Kepemimpinan Melayani, Budaya Perguruan Tinggi, dan Komitmen Dosen terhadap Berbagi Pengetahuan serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen (Survey pada Dosen Politeknik LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel_disertasi_Nursaimatussaddiya.docx

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
Disertasi Nursaimatussaddiya DIM.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Disertasi Nursaimatussaddiya DIM.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepemimpinan melayani, budaya perguruan tinggi, komitmen, berbagi pengetahuan, dan kinerja dosen yang belum optimal pada Politeknik Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan pada Politeknik Wilayah I Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkaji secara deskriptif dan verifikatif terkait pengaruh kepemimpinan melayani, budaya perguruan tinggi, dan komitmen dosen terhadap berbagi pengetahuan serta implikasinya pada kinerja dosen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang dilakukan secara deskriptif dan verifikatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportionate stratified random sampling. Sumber data dari data primer dan sekunder melalui observasi dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SEM. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kepemimpinan melayani, budaya perguruan tinggi, komitmen, berbagi pengetahuan, dan kinerja dosen berada dalam kriteria cukup baik menuju baik. Hasil penelitian secara verifikatif menunjukkan bahwa kepemimpinan melayani, budaya perguruan tinggi, dan komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap berbagi pengetahuan. Hasil studi verifikatif menunjukkan bahwa berbagi pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen. Kata Kunci: Kepemimpinan Melayani, Budaya Perguruan Tinggi, Komitmen, Berbagi Pengetahuan, dan Kinerja Dosen

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 03 Jan 2024 08:31
Last Modified: 09 Jan 2024 04:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67684

Actions (login required)

View Item View Item