PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT USAHA SISWA (Survey Pada Pembelajaran Materi Wirausaha Produk Kerajinan Untuk Pasar Lokal Kelas XII SMK YPK Purwakarta Tahun Ajara 2022/2023)

Fadhilah Rifa, 195020022 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT USAHA SISWA (Survey Pada Pembelajaran Materi Wirausaha Produk Kerajinan Untuk Pasar Lokal Kelas XII SMK YPK Purwakarta Tahun Ajara 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (845kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat usaha pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif survey (kueisoner). Subjek penelitian ini dilakukan dikelas XII SMK YPK Purwakarta tahun ajaran 2022/2023 sebagai kelas survey. Objek penelitian ini adalah pembelajaran kewirausahaan sebagai variabel bebas (Y), dan minat usaha sebagai variabel terikat (Y). dengan KD produk kerajinan untuk pasar lokal kelas XII SMK YPK Purwakarta. Berdasarkan Berdasarkan kepada hasil uji koefisien determinasi dengan nilai R-Square diperoleh 0,472 atau 47,2% yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat usaha siswa kelas XII SMK YPK Purwakarta. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat usaha siswa kelas XII SMK YPK Purwakarta. Hasil tersebut berdasarkan kepada perolehan nilai R-square sebesar 47,2% dipengaruhi faktor lain. Peneliti menyampaikan saran pada pihak terkait: (i) bagi sekolah harus membangun lingkungan yang mendukung terciptanya minat berwirausaha siswa dengan cara memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kewirausahaan (ii) bagi siswa yang sudah memiliki minat berwirausaha agar dapat terus ditingkatkan sehingga mampu menciptakan usaha sendiri yang kreatif dan inovatif. (iii) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengkaji lagi teori yang diberikan referensi dan dapat menambahkan variabel yang relevan serta indikator yang berbeda agar hasil atau data yang diperoleh lebih jelas. Kata Kunci: Pembelajaran Kewirausahaan dan Minat Usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 27 Dec 2023 06:22
Last Modified: 27 Dec 2023 06:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67666

Actions (login required)

View Item View Item