Preventing The Risk Of Work Accidents By Reducing HEP Using The HEART Method In Automotive Companies Pencegahan Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Mengurangi HEP Menggunakan Metoda HEART Di Perusahaan Otomotif

Saffanah Gitaputri, Fetta and Herli Sumerli, Chevy and Mohammad Firdaus, Oktri (2023) Preventing The Risk Of Work Accidents By Reducing HEP Using The HEART Method In Automotive Companies Pencegahan Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Mengurangi HEP Menggunakan Metoda HEART Di Perusahaan Otomotif. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal_Fetta Saffanah Gitaputri_218030006.doc

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
FINAL TESIS FETTA SAFFANAH GITAPUTRI MTI.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
TESIS-218030006-FETTA SAFFANAH GITAPUTRI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Sumber daya manusia memegang peranan penting bagi perusahaan dan tidak ada salahnya bagi perusahaan untuk memperhatikan kondisi karyawannya dalam menjalankan tugas yang diberikan. Pada sebuah perusahaan dalam melakukan kegiatan proses produksinya tentu harus menerapkan system kerja ENASE, yaitu Efektif, Nyaman, Aman, Sehat, dan Efisien sehingga mendapatkan kinerja dan produktivitas kerja yang baik. Berbicara mengenai kinerja, saat karyawan melakukan suatu pekerjaan di workstation, sering terjadi bahwa kesalahan atau kegagalan disebabkan oleh human error. Seperti operator pada salah satu perusahaan otomotif di bagian Light Duty Truck Department Trimming pada proses pemasangan wire cowl, pedal gas, dan head lining yang belum memperhatikan postur kerjanya sehingga terdapat beberapa tenaga kerja yang mengeluhkan rasa nyeri di tubuh dan mengakibatkan proses produksi terhambat. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mencari seberapa besar nilai HEPnya. Metode yang dipilih untuk permasalahan ini adalah Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART). Metode HEART memiliki lima langkah untuk mencari nilai human error, yaitu identifikasi Generic Task, identifikasi Error Producing Conditions, menentukan Assessed Proportion of Effect, dan menghitung Human Error Probability. Identifikasi Generic Task, EPC dan APOE dilihat melalui hasil pengamatan dan melakukan penilaian dengan subjektif. Untuk mendapatkan nilai HEP dibutuhkan nilai Generic Task dan Assessed Effect. Hasil dari penelitian ini diketahui penyebab utamanya adalah postur kerja yang membungkuk dan di dapat nilai HEP tertinggi ada pada proses pemasangan pedal gas dalam subtask tightening bolt pedal dan tightening wire grounding dengan nilai sebesar 0,785. Sedangkan nilai terendah ada pada subtask inspeksi (marking) dengan nilai sebesar 0,002. Kata Kunci: Error, HEP, HEART, Postur Kerja, Human Error

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2023
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:43
Last Modified: 03 May 2024 01:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67659

Actions (login required)

View Item View Item