ANALISIS STRATEGI OPTIMALISASI PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN HOLISTIK TERINTEGRASI (STUDI KASUS DI TAMAN KANAK - KANAK LANGGENG GARJITA) ANALYSIS OF THE STRATEGY FOR OPTIMIZING THE APLICATION OF KNOWLEDGE MANAGEMENT IN EFFORT TO IMPROVE THE QUALITY OF INTEGRATED HOLISTIC EDUCATION SERVICES (SURVEY ON LANGGENG GARJITA KINDERGARDEN)

Fatmawati K, Diane (2023) ANALISIS STRATEGI OPTIMALISASI PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN HOLISTIK TERINTEGRASI (STUDI KASUS DI TAMAN KANAK - KANAK LANGGENG GARJITA) ANALYSIS OF THE STRATEGY FOR OPTIMIZING THE APLICATION OF KNOWLEDGE MANAGEMENT IN EFFORT TO IMPROVE THE QUALITY OF INTEGRATED HOLISTIC EDUCATION SERVICES (SURVEY ON LANGGENG GARJITA KINDERGARDEN). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL DIANE 199010017 NEW.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena bahawa tidak semua mutu layanan Pendidikan Lembaga taman kanak – kanak dapat meningkat dengan baik hingga beberapa waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sytrategi manajemen pengetahuan dapat meningkatakan mutu layanan Pendidikan holistik terintegrasi di dalam pengelolaan Taman Kanak Kanak Langgeng Garjita,Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan responden tiga Lembaga Taman Kanak – Kanak yang telah menerapkan mamnajemen pengetahuan. Hasil Penelitian Implementasi pelaksanaan manajemen pengetahuan di TK Langgeng Garjita berjalan, Namun demikian mananjemen pengetahuan berjalan masih kurang efektif dan efisisen melaui beberapa tahapan yang belum berjalan secara sistematis. Beberapa kajian pengetahuan tentang pengelolaan Lembaga TK masih terbatas pada pengetahuan tacit yang dimiliki oleh kepala sekolah belum sepenuhnya tertuang secara eksplisit menjadi sebuah informasi baru. Penciptaan pengetahuan berjalan baik dan berfokus antara lain melalui peningkatan Mutu Layanan Tingkat Pencapaian Perkembangan, Mutu Layanan isi, Mutu Layanan Proses, Mutu Layanan pendidik dan tenaga Kependidikan, Mutu Layanan Sarana Prasarana, Mutu Layanan Standar pengelolaan, Mutu Layanan Pembiayaan dan Mutu Layanan Penilaian Kendala Kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi manajemen pengetahuan dalam upaya meningkatkan mutu layanan Pendidikan holistik terintegrasi antara lain sebagai berikut Culture, Teknologi, bentuk pengetahuan guru dan tenaga kependidikan di TK langgeng garjita terhadap beberapa data yang bersifat digital belum merata, contohnya : beberapa data (Dapodik) masih bertumpu pengerjaannya pada individu tertentu. Time Limitation, prosedural terhadap waktru selesai pekerjaan sangat berpengaruh terhadap guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan penciptaan pengetahuan. Fasilitator, Demografi, Letak TK Langgeng Garjita yang jauh dari ibu kota menyebabkan belum tersentuhnya narasumber dan beberapa fasilitator Tingkat nasional masih mengandalkan trainer dalam jangkauan Jawa Barat. Poor Comunication Skill, tempat TK Langgeng Garjita berada berdampak pada guru dan tenaga kependidikan yang umumnya warga sekitar memiliki komunikasi yang terbatas pada proses berbagi pengetahuan. Talk space yang belum tersedia secara formal dalam proses berbagi pengetahuan. Strategi manajemen pengetahuan dalam upaya meningkatkan mutu layanan Pendidikan holistik terintegrasi didasarkan analisis Selanjutnya membuat langkah kongkrit dalam mengimplementasikan strategi tersebut, yaitu : pemetaan pengetahuan, Menciptakan lingkungan yang saling percaya, berbagai pengetahuan, Kepemimpinan dalam menjalankan manajemen pengetahuan, perubahan budaya serta memberikan Motivasi dan reward. Hal itu sesuai dengan hasil wawancara peneliti dengan expert judgement yang m,enyatakan bahwa dalam membuat strategi implementasi manajemen pengetahuan, diawali dengan membuat swot analisis, kemudian dilanjutkan dengan membuat matriks IFE dan EFE. Selanjutnya membuat strategi baik untuk mengatasi kendala seperti budaya, teknologi, komunikasi, pengetahuan dan reward. Disamping itu membuat langkah – langkah strategis seperti penetapan leaders, menciptakan budaya saling percaya dan memberikan reward. Kata Kunci : manajemen pengetahuan, mutu layanan pendidikan, holistik terintegrasi

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:39
Last Modified: 15 Dec 2023 03:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67608

Actions (login required)

View Item View Item