TRAINING MANAGEMENT FOR FIELD COOPERATIVE EXTENSION OFFICIAL AT SERVICE OF COOPERATIONS AND SMALL MEDIUM ENTERPRISES IN WEST NUSA TENGGARA

Mr, Mahmud (2023) TRAINING MANAGEMENT FOR FIELD COOPERATIVE EXTENSION OFFICIAL AT SERVICE OF COOPERATIONS AND SMALL MEDIUM ENTERPRISES IN WEST NUSA TENGGARA. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Image
WhatsApp Image 2023-12-13 at 09.48.41.jpeg

Download (189kB) | Preview
[img] Text
MAHMUD_DIS.docx

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini didasari pada masalah pokok mengenai Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) perlu di bekali ilmu pengetahuan perkoperasian yang memadai dan kompeten sebagai pembimbing dan pembina para anggota koperasi dan masyarakat dalam kegiatan perkoperasian, anggota koperasi dan masyarakat dilapangan agar sepenuhnya memahami, menyadari akan pentingnya PPKL sebagai penyuluh koperasi, hal ini merupakan salah satu faktor pendukung dalam mewujudkan peningkatan pendapatan masayrakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menggambarkan lebih mendalam tentang manajemen pelatihan bagi PPKL selanjutnya dapat diperoleh langkah yang lebih tepat dan sesuai kebutuhan agar aparatur koperasi tersebut, berkembang, berkesinambungan dan meningkatkan kualitas serta mengikuti perkembangan zaman, sehingga diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, data yang diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan informan atau narasumber dari perwakilan aparatur di instansi Kopersi dan UKM serta peneliti melakukan analisis yang mendalam melalui studi kasus pada PPKL yang ada diinstansi Dinas Koperasi dan UKM di Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pelatihan bagi PPKL diperoleh metode pelatihan melalui 1) Online / Zoom meeting, 2) Blanded Learning 3) Klasikal atau Tatap Muka serta diperoleh empat jenis pelatihan baru yaitu 1) Manajemen Koperasi, 2) Ekonomi Sariyah, 3) Digitalisasi Koperasi, 4) Koperasi Modern dan Strategi pelatihan berdasarkan teori mengadopsi referensi pada manajemen/siklus pelatihan yaitu 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Rancangan), 3). Development (Pengembangan), 4).Implementation (Implementasi) dan 5) Evaluation (Evaluasi) serta hasil penelitian selanjutnya menemukan substansi yang sangat penting dan mendasar yaitu wadah anggota koperasi dan masyarakat agar kelembagaanya dapat dipertahankan keberadaannya (existence) dan berkesinambungan, Pelatihan yang dibutuhkan anggota koperasi dan masyarakat umum yang berkaitan dengan peningkatan kehidupan dan kesejahteraannya, pelatihan tersebut melalui tujuh pelatihan 1). Pelatihan Bina Manusia, 2). Pelatihan Bina kelembagaan, 3). Pelatihan Bina Asset, 4). Pelatihan Bina kelola wilayah produktif, 5). Pelatihan Bina Lingkungan, 6). Pelatihan Bina Hubungan, 7). Pelatihan Bina Usaha. Kata-kata kunci : Manajemen pelatihan, bagi Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:57
Last Modified: 22 Dec 2023 02:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67601

Actions (login required)

View Item View Item