KAJIAN STILISTIKA BERORIENTASI STRUKTUR BATIN, MAJAS PERBANDINGAN, CITRAAN DALAM KUMPULAN PUISI YANG BERJUDUL NEGERI DAGING KARYA MUSTOFA BISRI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMK.

Fachmi Munsy Hidayat, Muhammad (2023) KAJIAN STILISTIKA BERORIENTASI STRUKTUR BATIN, MAJAS PERBANDINGAN, CITRAAN DALAM KUMPULAN PUISI YANG BERJUDUL NEGERI DAGING KARYA MUSTOFA BISRI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMK. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Muhammad_Fachmi_Munsy_Hidayat, Author, Jurnal Muhammad Fachmi Munsy Hidayat.docx

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji stilistika terhadap struktur batin, majas perbandingan, dan citraan dalam dalam Kumpulan Puisi yang Berjudul Negeri Daging Karya Mustofa Bisri Sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan analisis isi (Content Analysis). Data dalam penelitian ini adalah data kebahasaan berupa satuan-satuan lingual sesuai dengan objek yang akan dianalisis dalam Kumpulan puisi yang berjudul Negeri Daging karya Mustofa Bisri. Data diperoleh dari berbagai bait dan larik-larik yang mengandung struktur batin, majas perbandingan, dan citraan dikumpulkan menjadi satu dokumen data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur batin mebahas mengenai tema yang paling dominan mengenai politik, nada yang paling dominan nada positif, perasaan yang paling dominan mengenai perasaan negatif, dan amanat yang dominan amanat negatif, lalu majas perbandingan yang paling dominan dalam kumpulan puisi ini adalah menggunakan majas metafora, serta yang terakhir citraan yang paling dominan adalah citraan visual. hasil uji coba keterbacaan dan keterpahaman peserta didik mengidentifikasikan modul mengenai kumpulan puisi karya A. Mustofa Bisri yang dimanfaatkan sebagai bahan ajar sastra kelayakan/layak pada peserta didik kelas X SMK. Kata kunci: Bahan Ajar, Stilistika, Puisi, Struktur Batin, Majas Perbandingan, dan Citraan,

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2024
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:07
Last Modified: 09 Jan 2024 06:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67554

Actions (login required)

View Item View Item