PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD

Putri, Anjani Suparno and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas.

[img]
Preview
Text
PTK-ANJANI.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model Problem Based Learning Berbantuan Media Canva. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) direncanakan terdiri dari dua siklus. Tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDK Trimulia HITS Bandung dengan subjek penelitian 23 siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah Model Problem Based Learning, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I mencapai rata-rata 75,22 dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 84,35. Dari peneilitan maka ketuntasan belajar sisswa dapat diperoleh dari pra siklus ada 6 siswa tuntas (26%), pada siklus I meningkat 14 siswa Tuntas (61%) dan pada siklus ke II menjadi 19 siswa tuntas (83%). Peningkatan kemampuan berpikir kritis berdampak pada siswa. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan berbantuan media canva pada kelas IV SDK Trimulia HITS Bandung. Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Canva, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Nov 2023 05:29
Last Modified: 28 Nov 2023 05:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67514

Actions (login required)

View Item View Item