Putri, Anjani Suparno and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas.
|
Text
PTK-ANJANI.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model Problem Based Learning Berbantuan Media Canva. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) direncanakan terdiri dari dua siklus. Tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDK Trimulia HITS Bandung dengan subjek penelitian 23 siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah Model Problem Based Learning, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I mencapai rata-rata 75,22 dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 84,35. Dari peneilitan maka ketuntasan belajar sisswa dapat diperoleh dari pra siklus ada 6 siswa tuntas (26%), pada siklus I meningkat 14 siswa Tuntas (61%) dan pada siklus ke II menjadi 19 siswa tuntas (83%). Peningkatan kemampuan berpikir kritis berdampak pada siswa. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan berbantuan media canva pada kelas IV SDK Trimulia HITS Bandung. Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Canva, Hasil Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 05:29 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 05:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67514 |
Actions (login required)
View Item |