Pengembangan Dinamometer Generator DC dan Pengujian Performansi Model Turbin Angin Tipe Poros Silang Kapasitas 10 W (Development of a DC Generator Dynamometer and Performance Testing of a Cross Shaft Type Wind Turbine Model with a Capacity of 10 W)

Setiadi, Yudi and Ahdi, Endang and Sonawan, Hery (2023) Pengembangan Dinamometer Generator DC dan Pengujian Performansi Model Turbin Angin Tipe Poros Silang Kapasitas 10 W (Development of a DC Generator Dynamometer and Performance Testing of a Cross Shaft Type Wind Turbine Model with a Capacity of 10 W). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Yudi Setiadi_163030057_Teknik Mesin_Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Angin merupakan sumber energi terbarukan berpotensi besar sebagai sumber energi pembangkit listrik. Saat ini, terdapat dua jenis turbin angin yang digunakan secara umum, yaitu turbin angin poros horizontal dan vertikal. Kedua jenis turbin tersebut didesain untuk menyerap energi angin di lahan terbuka yang bergerak secara horizontal. Di daerah perkotaan, angin mengalami perubahan arah karena dibelokan oleh gedung-gedung tinggi. Oleh karena itu, dikembangkan model turbin angin poros silang yang didesain mampu menyerap energi angin yang datang dari dua sumber yaitu arah vertikal dan arah horizontal. Model turbin ini memiliki 10 sudu horizontal dan 5 sudu vertikal. Sebelumnya, pengujian performansi model turbin angin ini menggunakan dinamometer generator kapasitas 60 W, namun daya keluaran dari turbin angin tidak mencapai torsi besar dan putaran tinggi yang dibutuhkan. Dalam penelitian ini, menggunakan generator kapasitas 40 W guna menyelesaikan permasalahan sebelumnya. Parameter yang diukur dalam pengujian ini meliputi kecepatan angin, kecepatan putar turbin angin, tegangan listrik, dan arus listrik. Pengujian dilakukan dengan kecepatan angin 5,3 m/s, 5,8 m/s, 6,3 m/s, dan 6,8 m/s dengan sudut pitch sudu yang divariasikan menjadi 20°, 25°, dan 30°. Hasil pengujian dan analisis menunjukkan bahwa koefisien performansi maksimum turbin angin ini adalah sebesar 7,54%, tercapai pada kecepatan angin 6,3 m/s dengan sudut pitch sudu 25° dan tip speed ratio sebesar 1,08. Semakin besar kecepatan angin, maka waktu yang diperlukan untuk mencapai kecepatan putar konstan menjadi semakin singkat. Pada kecepatan angin 6,3 m/s dengan sudut pitch sudu 25°, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kecepatan putar konstan sekitar 30 detik. Kata Kunci: Kecepatan angin, Sudut pitch sudu, Koefisien performansi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2023
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:14
Last Modified: 07 Nov 2023 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67389

Actions (login required)

View Item View Item