PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN 260 GRIYA BUMI ANTAPANI BANDUNG

SYAFITRI RULA NUUR, 195060026 (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN 260 GRIYA BUMI ANTAPANI BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik masih rendah di SDN 260 Griya Bumi Antapani Kota Bandung dikarenakan pembelajaran yang hanya berpusat pada guru saja sedangkan siswa hanya menerima pembelajaran secara pasif dan model pembelajarannya pun menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu hasil belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan beberapa metode, salah satunya adalah Discovery Learning. Dengan gambaran proses pembelajaran siswa yang menggunakan model Discovery Learning pada hasil observasi guru pada saat melaksanakan pembelajaran di dalam kelas pada pertemuan pertama di dapatkan jumlah nilai 93 dengan nilai akhir 3,20 yang termasuk pada kriteria sangat baik, pada pertemuan ke-2 didapatkan nilai 91 dengan nilai akhir 3,13 yang termasuk pada kriteria baik, pada pertemuan ke-3 di dapatkan nilai 91 dengan nilai akhir 3,13 yang termasuk pada kriteria baik, sedangkan pada pertemuan ke-4 di dapatkan nilai 96 dengan niali akhir 3,31 yang termasuk pada kriteria sangat baik. Penelitian ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, terlihat dari nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 63,00 dan kelas kontrol 63,75 serta rata-rata posttest 88,50 untuk kelas eksperimen dan 82,95 untuk kelas kontrol. Hasil nilai tersebut berdasarkan hasil uji independent sample t test dilihat dari asumsi varian Sig yang sama. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian dilakukan di Kelas II SDN 260 Griya Bumi Antapani Kota Bandung dengan jumlah populasi 40 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan 20 siswa kelas A sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes tersebut berupa pretest dan posttest untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa. Teknik perolehan nilai tersebut dibuktikan berdasarkan hasil Independent Sample T Test yang dilihat dari equal variances yang diasumsikan pada Sig. (2-tailed) dengan nilai 0,00 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterimahasil uji effect size sebesar 0,570 dengan kategori effect besar sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar berpengaruh baik. Kata kunci : Model Discovery Learning, aplikasi kahoot, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:47
Last Modified: 03 Nov 2023 02:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67378

Actions (login required)

View Item View Item