POLA KOMUNIKASI SUPORTER MANCHESTER UNITED DALAM MEMERTAHANKAN LOYALITAS FANS DI UNITED OF BANDUNG

Muharam, Mochamad Rafliman (2023) POLA KOMUNIKASI SUPORTER MANCHESTER UNITED DALAM MEMERTAHANKAN LOYALITAS FANS DI UNITED OF BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstark Indonesia.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract Inggris.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstraka Sunda.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Sepak bola dikenal sebagai olahraga dengan penggemar terbanyak di dunia, khususnya di Indonesia. Salah satuntya adalah penggemar dari klub bola asal Inggris, yaitu Manchester United dengan penggemarnya yang bernama United of Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola komunikasi suporter Manchester United di United of Bandung dan juga untuk mendeskripsikan pola komunikasi suporter Manchester United dalam memertahankan loyalitas fans di United of Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi dalam komunitas ini berfokus pada menyampaikan informasi penting kepada anggota, seperti jadwal pertandingan, berita klub, dan rencana kegiatan komunitas. Saluran komunikasi yang beragam, seperti media sosial dan email newsletter, digunakan untuk mencapai anggota dengan cara yang sesuai dengan preferensi komunikasi masing-masing. Umpan balik positif dari anggota menunjukkan bahwa komunikasi tersebut telah berhasil dalam menjaga anggota terhubung dengan kegiatan dan berita terkini mengenai Manchester United. United of Bandung menerapkan pendekatan komunikasi yang aktif, melibatkan anggota dalam pertukaran pesan, diskusi, serta berbagai bentuk interaksi melalui berbagai saluran, seperti media sosial dan email. Pengakuan terhadap anggota yang berdedikasi, melalui program penghargaan dan pengakuan di media sosial, memberikan dorongan positif bagi anggota untuk terus terlibat dan berkontribusi. Melibatkan anggota dalam perencanaan dan organisasi kegiatan komunitas juga memiliki peran penting dalam memperdalam ikatan dan keterlibatan mereka. Kata kunci: Pola Komunikasi, Suporter Manchester United, Loyalitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:00
Last Modified: 01 Nov 2023 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67310

Actions (login required)

View Item View Item