Muharam, Mochamad Rafliman (2023) POLA KOMUNIKASI SUPORTER MANCHESTER UNITED DALAM MEMERTAHANKAN LOYALITAS FANS DI UNITED OF BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
| 
 | Text Lembar Pengesahan.pdf Download (413kB) | Preview | |
| 
 | Text Daftar Isi.pdf Download (707kB) | Preview | |
| 
 | Text Daftar Pustaka.pdf Download (523kB) | Preview | |
| 
 | Text Cover.pdf Download (534kB) | Preview | |
| 
 | Text Kata Pengantar.pdf Download (420kB) | Preview | |
| 
 | Text Abstark Indonesia.pdf Download (414kB) | Preview | |
| 
 | Text Abstract Inggris.pdf Download (386kB) | Preview | |
| 
 | Text Abstraka Sunda.pdf Download (6kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB 2.pdf Download (640kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB 1.pdf Download (435kB) | Preview | 
Abstract
Sepak bola dikenal sebagai olahraga dengan penggemar terbanyak di dunia, khususnya di Indonesia. Salah satuntya adalah penggemar dari klub bola asal Inggris, yaitu Manchester United dengan penggemarnya yang bernama United of Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola komunikasi suporter Manchester United di United of Bandung dan juga untuk mendeskripsikan pola komunikasi suporter Manchester United dalam memertahankan loyalitas fans di United of Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi dalam komunitas ini berfokus pada menyampaikan informasi penting kepada anggota, seperti jadwal pertandingan, berita klub, dan rencana kegiatan komunitas. Saluran komunikasi yang beragam, seperti media sosial dan email newsletter, digunakan untuk mencapai anggota dengan cara yang sesuai dengan preferensi komunikasi masing-masing. Umpan balik positif dari anggota menunjukkan bahwa komunikasi tersebut telah berhasil dalam menjaga anggota terhubung dengan kegiatan dan berita terkini mengenai Manchester United. United of Bandung menerapkan pendekatan komunikasi yang aktif, melibatkan anggota dalam pertukaran pesan, diskusi, serta berbagai bentuk interaksi melalui berbagai saluran, seperti media sosial dan email. Pengakuan terhadap anggota yang berdedikasi, melalui program penghargaan dan pengakuan di media sosial, memberikan dorongan positif bagi anggota untuk terus terlibat dan berkontribusi. Melibatkan anggota dalam perencanaan dan organisasi kegiatan komunitas juga memiliki peran penting dalam memperdalam ikatan dan keterlibatan mereka. Kata kunci: Pola Komunikasi, Suporter Manchester United, Loyalitas
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023 | 
| Depositing User: | Drs Iwan Ridwan | 
| Date Deposited: | 01 Nov 2023 03:00 | 
| Last Modified: | 01 Nov 2023 03:00 | 
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67310 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        