PENGARUH PENGGUNAAN METODE READ ALOUD BERBANTUAN LITERACY CLOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA (Penelitian Quasi Eksperiment di Kelas III SDN Beor 01 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung)

NURHIDAYAH MIRNA SITI, 195060127 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE READ ALOUD BERBANTUAN LITERACY CLOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA (Penelitian Quasi Eksperiment di Kelas III SDN Beor 01 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (522kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa di sekolah dasar, khususnya di SDN Beor 01 yang masih memiliki siswa sebanyak 40% di bawah KKM terutama dari segi hal mengemukanan kembali, menulis ulang dan menyimpulkan isi bacaan. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk menerapkan metode Read Aloud berbantuan Literacy Cloud untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III di SDN Beor 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment bentuk Non Equivalent Control Group Design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas III-A sebagai kelas eksperimen (yang mendapat perlakuan) sebanyak 30 siswa dan kelas III-B sebagai kelas kontrol (tidak mendapat perlakuan) sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dengan bentuk pretest dan posttest serta non tes yang dianalasis dengan bantuan software IBM SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis uji Independent sample t-test pada hasil posttest kelas ekspreimen dan kelas kontrol didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti nilai Ha diterima. Dan terdapat pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil uji Paired Sample T-Test, uji Effect Size dan uji N-Gain dengan perolehan nilai rata-rata pada kelas eksperimen hasil pretest 49,67 dan rata-rata hasil posttest 79,17 dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk seberapa besarnya pengaruh metode serta media yang digunakan dari hasil uji Effect Size yaitu diperoleh dengan interpretasi besar sebesar 1,31 yang berarti ≥ 0,8. Dan nilai ratarata N-Gain yang dihasilkan dengan bantuan IBM SPSS 25 uji N-Gain skor 0,44 berada di antara 0,30 < g ≤ 0,70 dengan interpretasi sedang. Sehingga didapat pengaruh dalam peningkatannya. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Read Aloud berbantuan Literacy Cloud berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III di SDN Beor 01. Kata Kunci : Read Aloud, Literacy Cloud, Kemampuan Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:44
Last Modified: 18 Oct 2023 08:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67259

Actions (login required)

View Item View Item