PENERAPAN METODE SUGESTOPEDIA PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP ASYSYAAKIRIIN

NUGRAHA ANDI, 185030091 (2023) PENERAPAN METODE SUGESTOPEDIA PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP ASYSYAAKIRIIN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menulis teks deskripsi merupakan pembelajaran wajib yang harus dikuasai peserta didik dalam pembelajaran menulis. Keterampilan menulis dianggap membosankan oleh peserta didik sehingga berpengaruh terhadap kualitas hasil menulis peserta didik. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis teks deskripsi, mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa metode sugestopedia, mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan metode sugestopedia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Pretes-Postest. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Tes dan Non Tes. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis teks deskripsi dengan memperoleh skor 3,5 dalam perencanaan pembelajaran dan 3,4 dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran, hasil tersebut termasuk dalam kategori baik. Kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik pada kelas Eksperimen dan Kontrol mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas Eksperimen pada kegiatan pretest sebesar 46,47 dan rata-rata nilai pada kegiatan posttest 79,17. Sedangkan hasil nilai rata-rata di kelas kontrol pada kegiatan pretest memperoleh nilai sebesar 41,11 dan nilai rata-rata kegiatan posttest sebesar 60,83. Penerapan metode sugestopedia pada pembelajaran menulis teks deskripsi dinilai cukup efektif, berdasarkan uji N Gain score diperoleh nilai rata-rata posttest di kelas Eksperimen sebesar 56,73% termasuk ke dalam 55%~75% yaitu kategori cukup efektif. Hasil uji signifikansi melalui uji Wilcoxon Sig Rank diperoleh hasil Sig 0,001, hasil tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan setelah diterapkan metode sugestopedia karena hasil Sig yang diperoleh lebih kecil dari <0,05. Kata kunci : Menulis, Teks Deskripsi, Metode Sugestopedia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:32
Last Modified: 12 Oct 2023 01:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67206

Actions (login required)

View Item View Item