PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN HAURPUGUR 02 KECAMATAN RANCAEKEK KABUPATEN BANDUNG

Devi Mega Sylvia, 195060156 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN HAURPUGUR 02 KECAMATAN RANCAEKEK KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan Penguji.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkesan.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (257kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah masih berfokus kepada guru, sedangkan peserta didik hanya mendengarkan dan mengikuti intruksi dari guru saja. Selain itu guru juga tidak memanfaatkan teknologi yang bisa dijadikan media pendukung proses pembelajaran. Sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah dilihat dari nilai yang diberikan oleh guru kepada siswa di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal). Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran,perbedaan dan pengaruh antara kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan kelas yang diberikan perlakuan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada materi Bahasa Indonesia di Kelas V. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Haurpugur 02 yang terdiri dari kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen jenis kuasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan ialah Nonequivalent Control Group Design, Teknik pengumpulan data yang digunakan ialan melalui bentuk pretest, posttest dan lembar observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test dan uji paired sample t test. Berdasarkan hasil penelitian, Gambaran proses pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi kahoot aktivitas siswa di kelas semakin lebih baik dari pertemuan sebelumnya berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas guru siswa yang skornya meningkat di setiap pertemuannya serta terdapat perbedaan dan pengaruh antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal ini terlihat dari hasil uji independent sample t test dan uji paired sample t test yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,00 yang berarti kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh antara kelas yang menggunakan model pembelajan konvensional dengan kelas yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi Kahoot. Kata kunci: Aplikasi Kahoot, Hasil Belajar Siswa, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:16
Last Modified: 11 Oct 2023 01:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67185

Actions (login required)

View Item View Item