PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-ESTEEM SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

KAMILAH JIDAN, 195050038 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-ESTEEM SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER DAN KATA PENGANTAR.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN TTD.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (2).pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (2).pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
BAB III (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Membandingkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) Membandingkan tingkat Self-esteem siswa antara kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan kelompok yang mengikuti pembelajaran konvensional; (3) Menganalisis apakah terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan Self-esteem siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent (pretest-postest) control grup design. Dalam penelitian ini, subjek dari penelitian terdiri dari siswa kelas VIII SMP Pasundan 2 Bandung, yang dibagi menjadi dua kelas yang menjadi sampel penelitian. Kelas VIII E dijadikan sebagai kelas eksperimen akan menerima pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning, sementara kelas VIII D menjadi kelas kontrol yang menerima model pembelajaran konvensional. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian yaitu berupa soal uraian tes kemampuan komunikasi matematis dan skala selfesteem. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan Software IBM SPSS 26.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerima model Problem Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-esteem siswa yang memperoleh model Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat hubungan positif antara kemampuan komunikasi matematis dan self-esteem siswa yang memperoleh model Problem Based Learning. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Komunikasi Matematis, SelfEsteem

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 09:01
Last Modified: 10 Oct 2023 09:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67175

Actions (login required)

View Item View Item