KAMILAH JIDAN, 195050038 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-ESTEEM SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER DAN KATA PENGANTAR.pdf Download (910kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN TTD.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (2).pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (2).pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
BAB III (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Membandingkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) Membandingkan tingkat Self-esteem siswa antara kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan kelompok yang mengikuti pembelajaran konvensional; (3) Menganalisis apakah terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan Self-esteem siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent (pretest-postest) control grup design. Dalam penelitian ini, subjek dari penelitian terdiri dari siswa kelas VIII SMP Pasundan 2 Bandung, yang dibagi menjadi dua kelas yang menjadi sampel penelitian. Kelas VIII E dijadikan sebagai kelas eksperimen akan menerima pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning, sementara kelas VIII D menjadi kelas kontrol yang menerima model pembelajaran konvensional. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian yaitu berupa soal uraian tes kemampuan komunikasi matematis dan skala selfesteem. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan Software IBM SPSS 26.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerima model Problem Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-esteem siswa yang memperoleh model Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat hubungan positif antara kemampuan komunikasi matematis dan self-esteem siswa yang memperoleh model Problem Based Learning. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Komunikasi Matematis, SelfEsteem
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 09:01 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 09:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67175 |
Actions (login required)
View Item |