KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO

AHLIN ZAINE, 185050024 (2023) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.PENGESAHAN.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (802kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Zaine Ahlin (2023). Salah satu mata pelajaran di sekolah yang sangat penting yang memiliki andil dalam mengembangkan lebih lanjut kemampuan komunikasi khususnya dalam bidang matematika dan self-efficacy siswa adalah matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan guna meningkatan kemampuan berkomunikasi dalam konteks matematika serta selfefficacy siswa adalah Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini yaitu : (1) untuk mengidentifikasi perkembangan dalam keterampilan komunikasi matematika siswa SMP yang menerapkan Model Problem Based Learning dengan menggunakan video sebagai alat bantu, (2) untuk mengidentifikasi perkembangan self-efficacy siswa SMP yang menerapkan Model Problem Based Learning dengan menggunakan video sebagai alat bantu, (3) untuk mengidentifikasi hubungan antara keterampilan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa SMP yang menerapkan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen yang merupakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII D SMP Plus Sekolah Al-Ihsan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, didapat kesimpulan : (1) kemampuan komunikasi matematis bagi peserta didik yang mendapatkan model Problem Based Learning lebih unggul dari peserta didik yang mendapatkan pembelajaran ekspositori, (2) self-efficacy peserta didik yang mendapatkan model Problem Based Learning lebih unggul dibandingkan dengan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran ekspositori, (3) adanya korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan self-efficacy pada peserta didik yang mendapatkan Model Problem Based Learning. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-efficacy, Model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:48
Last Modified: 10 Oct 2023 08:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67171

Actions (login required)

View Item View Item