PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION ANSWER RELATIONSHIP BERBANTUAN WEB E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Experiment di Kelas V SDN Lamajang 02 Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung)

FARADILAH, NUR SYIFA, 195060138 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION ANSWER RELATIONSHIP BERBANTUAN WEB E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Experiment di Kelas V SDN Lamajang 02 Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SYIFA.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I NEW.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II bisa di edit.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB III BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text
BAB IV bismillah (AutoRecovered).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img] Text
BAB V bismilah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Question Answer Relationship terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Karena peserta didik mengalami kesulitan dalam menjawab isi wacana, menceritakan isi wacana, dan menyimpulkan isi wacana. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol di SDN Lamajang 02. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa pretes, posttest serta teknik nontes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran QAR berbantuan web e-comic dengan kelas konvensional. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu sebesar 85,65 dan pada kelas kontrol sebesar 49,13. Berdasarkan hasil uji independent sample t test dihasilkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran QAR berbantuan web e-comic dengan kelas konvensional. Kedua terdapat pengaruh penggunaan model QAR berbantuan e-comic terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji effect size dengan menggunakan rumus perhitungan Cohen’s, yang diinterpretasikan ke dalam tingkatan pengaruh yang kuat. Serta diperkuat oleh hasil uji N-gain yang menunjukan terdapat peningkatan sebesar 78%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model QAR berbantuan E-Comic berpengaruh dan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Kata Kunci: Model Question Answer Relationship, Keterampilan Membaca Pemahaman, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:45
Last Modified: 10 Oct 2023 08:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67170

Actions (login required)

View Item View Item