FARADILAH, NUR SYIFA, 195060138 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION ANSWER RELATIONSHIP BERBANTUAN WEB E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Experiment di Kelas V SDN Lamajang 02 Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SYIFA.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I NEW.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II bisa di edit.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text
BAB III BARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
||
Text
BAB IV bismillah (AutoRecovered).pdf Restricted to Repository staff only Download (926kB) |
||
Text
BAB V bismilah.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Question Answer Relationship terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Karena peserta didik mengalami kesulitan dalam menjawab isi wacana, menceritakan isi wacana, dan menyimpulkan isi wacana. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol di SDN Lamajang 02. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa pretes, posttest serta teknik nontes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran QAR berbantuan web e-comic dengan kelas konvensional. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu sebesar 85,65 dan pada kelas kontrol sebesar 49,13. Berdasarkan hasil uji independent sample t test dihasilkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran QAR berbantuan web e-comic dengan kelas konvensional. Kedua terdapat pengaruh penggunaan model QAR berbantuan e-comic terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji effect size dengan menggunakan rumus perhitungan Cohen’s, yang diinterpretasikan ke dalam tingkatan pengaruh yang kuat. Serta diperkuat oleh hasil uji N-gain yang menunjukan terdapat peningkatan sebesar 78%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model QAR berbantuan E-Comic berpengaruh dan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Kata Kunci: Model Question Answer Relationship, Keterampilan Membaca Pemahaman, Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 08:45 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 08:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67170 |
Actions (login required)
View Item |