PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA SISWA SMP

MUTHMAINNAH, MAULIDYA, 195050023 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning berbantuan GeoGebra dan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui pencapaian self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 3) untuk mengetahui korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan selfconfidence siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning berbantuan GeoGebra. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswasiswi kelas VIII SMP Negeri 1 Parongpong tahun ajaran 2022/2023 sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak dengan sampel yang berjumlah 66 siswa, diantaranya 33 siswa kelas VIII I sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran discovery learning berbantuan GeoGebra dan 33 siswa kelas VIII H sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan penalaran matematis dan angket self-confidence. Data yang terkumpul akan diolah menggunakan software SPSS 17 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) selfconfidence siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 3) terdapat korelasi positif antara kemampuan penalaran matematis dengan self-confidence siswa melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan GeoGebra yang menghasilkan nilai 0,591 dengan kriteria sedang. Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Self-confidence, Model Pembelajaran Discovery Learning, GeoGebra

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:38
Last Modified: 10 Oct 2023 08:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67168

Actions (login required)

View Item View Item