KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA

SRIWAHYUNI VIRA, 185050020 (2023) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika terdiri dari konsep sederhana hingga kompleks. Kebutuhan saat ini menuntut perubahan pada model pembelajaran yang mencakup pembelajaran yang memanfaatkan bantuan teknologi dan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menumbuhkan sikap self-efficacy dan meningkatkan kemampuan matematis mereka, yaitu literasi matematis. Salah satunya adalah model pembelajaran problem based learning berbantuan Geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik peserta didik memperoleh kemampuan literasi matematis dan kemandirian saat menggunakan model ini dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga meneliti bagaimana hubungan antara kemampuan literasi matematis dan kemandirian peserta didik yang men Penelitian eksperimen ini menggunakan jenis rancangan quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Penelitian ini mencakup semua siswa SMP Al-Ihsan yang berada di kelas VIII pada tahun akademik 2022/2023. Selain itu, menggunakan teknik pengambilan sampel purposive, kelas VIII B diidentifikasi sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C diidentifikasi sebagai kelas kontrol. Angket self-efficacy dan lembar tes kemampuan literasi matematis digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis data akhir menunjukkan bahwa: (1) peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan Geogebra memiliki kemampuan matematis yang lebih baik dari peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) kemandirian peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan Geogebra tidak lebih baik dari peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvesional; (3) terdapat korelasi antara kemampuan literasi matematis dengan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Problem based learning berbantuan geogebra. Kata Kunci: Literasi matematis, Self-efficacy, Problem based learning Vira, S.W. (2023). Mathematical Literacy Ability and Self-Efficacy of Junior High School Students Through the Geogebra Assisted Problem Based Learning Model

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:26
Last Modified: 10 Oct 2023 08:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67160

Actions (login required)

View Item View Item