ANALISIS PENOKOHAN DALAM KUMPULAN CERPEN NGILU KARYA DASRIL AHMAD SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS XI

LAMUSU BENADYA MUSLIMAWATI, 185030127 (2023) ANALISIS PENOKOHAN DALAM KUMPULAN CERPEN NGILU KARYA DASRIL AHMAD SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS XI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penokohan merupakan salah satu unsur pembangun cerpen yang penting dipelajari oleh peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI, namun peserta didik banyak yang kurang tertarik karena hanya mengandalkan buku teks yang karya sastranya dicuplik, dipotong-potong, dan tidak sempat dibaca secara utuh. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan unsur penokohan dalam kumpulan cerpen Ngilu karya Dasril Ahmad sebagai alternatif bahan ajar dengan cerita yang tidak dipotong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, dokumentasi, analisis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat enam cerpen yang memiliki (1) jenis-jenis tokoh, (2) cara penggambaran tokoh, dan (3) kepribadian tokoh dengan berbagai permasalahan kehidupan dalam cerpen yang cocok untuk dipelajari kelas XI. Hal tersebut dibuktikan dengan analisis kesesuaian hasil analisis penokohan pada kumpulan cerpen Ngilu karya Dasril Ahmad dengan tuntutan pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Analisis tersebut menunjukkan kesesuaian dan dapat digunakan sebagai rujukan penyusunan bahan ajar berupa modul. Modul tersebut divalidasi oleh dua validator berdasarkan aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, kelayakan kegrafisan. Penilaian validasi tersebut menunjukkan hasil dengan nilai akhir 89,95 yang memiliki kriteria penilaian sangat baik/layak digunakan, sehingga modul dinyatakan layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar bahasa Indonesia kelas XI. Kata Kunci: Analisis, penokohan, kumpulan cerita pendek, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:06
Last Modified: 10 Oct 2023 08:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67147

Actions (login required)

View Item View Item