PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Semester Genap di SMA PASUNDAN 4 BANDUNG Tahun Ajaran 2022/2023)

FEBRIYANTI REZA, 195020073 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Semester Genap di SMA PASUNDAN 4 BANDUNG Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.PENGESAHAN.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRAK.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.BAB II.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text
11.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
12.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
13 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini yang membahas tentang pengaruh model pembelajaran discovery learning dan self regulated learning terhadap hasil belajar. Model pembelajaran discovery learning dan self regulated learning efektif dalam merangsang diskusi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang diinginkan dan keterlibatan proaktif dalam perilaku belajar seseorang dimana siswa mengarahkan pikiran, perasaan, dan tindakan untuk digerakkan secara sistematis dengan berorientasi pada pencapaian tujuan siswa sendiri sehingga, dapat memberikan pengaruh hasil belajar. Tujuan penelitian : (i) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar (ii) Untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap hasil belajar (iii) Untuk menyatakan seberapa besar pengaruh model pembelajaran discovery learning dan self regulated learning terhadap hasil belajar. Pada penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survei dan untuk mengolah datanya menggunakan IBM Statistical Program For Social Science (SPSS) versi 25.0 atau uji daya beda, Method of Successive Interval (MSI), dan Microsoft Excel 2019. Penentuan populasi penelitian ini yaitu 47 siswa kelas X IPS 1 dan X IPA sebagai responden pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari penyebaran Kuesioner (Angket), dan Tes soal uraian yang telah di uji melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian ini menggunakan teknik analisis data, uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini : 1) Model Pembelajaran Discovery Learning tidak berpengaruh terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung tahun ajaran 2022/2023, dengan nilai signifikansi 0,032 lebih besar dari 0,05. Nilai koefisien determinasi sumbangan efektif dan sumbangan relatif model pembelajaran discovery learning (X1) terhadap hasil belajar (Y) yaitu 3,5% rendahnya pengaruh dalam variabel tersebut serta dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian. 2) Nilai koefisien determinasi sumbangan efektif dan sumbangan relatif self regulated learning (X2) terhadap hasil belajar (Y) yaitu 35% cukup kuatnya pengaruh pada variabel tersebut serta dipengaruhi oleh variabel lain. 3) Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar. Dapat diasumsikan bahwa variabel X1, X2 terhadap Y telah diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:29
Last Modified: 10 Oct 2023 07:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67091

Actions (login required)

View Item View Item