PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMP MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTUAN WORDWALL

NUR’ALIA RENA, 195050056 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMP MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTUAN WORDWALL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis tergolong rendah dikarenakan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menggabungkan pemikiran matematis melalui komunikasi, menjelaskan materi pembelajaran secara matematis dan menggunakan bahasa matematika selama pembelajaran di kelas serta siswa cenderung kesulitan mempelajari dan memahami materi karena mereka tidak memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik. Programme for International Student Assessment (PISA) 2012, di 34 negara yang berpartisipasi dalam Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), 59% dari siswa 15 tahun melaporkan bahwa mereka sering khawatir dengan kelas matematika dan 31% melaporkan mereka sangat gugup mengerjakan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model PBL dengan berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui apakah kecemasan matematika siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan Wordwall lebih rendah daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Mengetahui apakah terdapat korelasi negatif yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dan kecemasan matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL berbantuan Wordwall. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design dengan populasi diambil pada penelitian ini yaitu kelas VII-A dan kelas VII-F dengan setiap kelas berjumlah 32 orang siswa sebagai sampel disetiap kelasnya, sampel penelitian terdiri dari dua kelas yakni VII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal uraian tes kemampuan komunikasi matematis dan skala kecemasan matematika serta pengolahan data menggunakan Software SPSS Statistics 17.0 for Windows dan Software Microsoft Excel 2016 menggunakan teknik analisis data uji-t dan uji korelasi yang menunjukan hasil penelitian bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model konvensional. (2) Kecemasan matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan Wordwall lebih rendah daripada siswa yang memperoleh model konvensional. (3) Terdapat korelasi antaran kemampuan komunikasi matematis dan kecemasan matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan Wordwall. Kata Kunci: Problem-Based Learning, Wordwall, Komunikasi Matematis, Kecemasan Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:56
Last Modified: 10 Oct 2023 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67087

Actions (login required)

View Item View Item