PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DANISI DALAM CERITA RAKYAT (HIKAYAT) DENGAN MENGGUNAKANMEDIA BUKU CERITA DIGITAL PADA PESERTA DIDIKKELASXSMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nissa Raiysha Chaerun, 185030115 (2023) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DANISI DALAM CERITA RAKYAT (HIKAYAT) DENGAN MENGGUNAKANMEDIA BUKU CERITA DIGITAL PADA PESERTA DIDIKKELASXSMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran mengidentifikasi cerita rakyat khususnya hikayat merupakanpembelajaran yang mengharuskan peserta didik untuk membaca, menyimak, sertamenentukan isi dari bacaan. Kegiatan membaca dianggap kurang menyenangkanoleh peserta didik sehingga banyak yang kesulitan dalam memahami isi dari bahan bacaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuanpenulis dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dan isi dalam cerita rakyat (hikayat); mengetahui kemampuan pesertadidik setelah diterapkan media buku cerita digital; mengetahui keefektifan mediabuku cerita digital; mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas Xyangmenggunakan media buku cerita digital dan yang menggunakan media bukuteks. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design denganmodel penelitian Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan cara dengan cara tes dan non tes (telaahpustaka, observasi, dan uji coba). Adapun hasil penelitian yang diperoleh yakni, penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dan isi dalam cerita rakyat dengan memperoleh skor sebesar 3,6padakegiatan perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,5, keduanya termasuk ke dalamkategori sangat baik. Kemampuan mengidentifikasi peserta didik pada kelaseksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan, nilai rata-rata kelasEksperimen pada pretest sebesar 40, dan rata-rata nilai posttest sebesar 73. Padapretest di kelas Kontrol memperoleh rata-rata nilai sebesar 31, dan pada posttest memperoleh rata-rata nilai sebesar 71. Media buku cerita digital cukup efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dan isi dalamceritarakyat (hikayat) di kelas Eksperimen, berdasarkan uji N Gain diperoleh nilai ratarata saat pelaksanaan posttest di kelas Eksperimen sebesar 57,35%yang berarti 57,35 > 56 termasuk ke dalam kategori cukup efektif. Hasil uji signifikansi melalui uji Wilcoxon Sig Rank 2-tailed diperoleh hasil Sig 0,000, yang berarti apabila nilai Sig < 0,05, maka terjadi peningkatan yang signifikan sebelumdansesudah diterapkan media Buku Cerita Digital dan media Buku Teks Siswa. Kata kunci: Cerita rakyat (hikayat), Eksperimen, Buku Cerita Digital, BukuTeksSiswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:28
Last Modified: 10 Oct 2023 06:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67081

Actions (login required)

View Item View Item