IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MENANGGULANGI PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DINAS SOSIAL KOTA BANDUNG (Studi Kasus Manusia Gerobak)

Ramadhani, Achmad Bilal (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MENANGGULANGI PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DINAS SOSIAL KOTA BANDUNG (Studi Kasus Manusia Gerobak). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
21-28 BAB I.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10-12 Abstrack.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16-20 Daftar ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 lembar pengesahan.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13-15 Kata Pengantar.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1-cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
29-57 BAB II.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
124-126 Daftar Pustaka.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Munculnya manusia gerobak merupakan salah satu penyandang masalah kesejahteraan sosial yang disebabkan oleh diskriminasi aspek pelayanan publik yang seharusnya mendapatkan hak-hak layanan sosial dari pemerintah. Fenomena manusia gerobak di Kota Bandung menjadi keresahan yang dirasakan oleh pemerintah Kota Bandung. Hal ini mencerminkan kegagalan pemerintah Kota Bandung dalam menanggulangi permasalahan kesejahteraan sosial. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, data yang telah dikumpulkan dianalisis secara induktif dan disajikan secara deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara Dinas Sosial Kota Bandung dalam mengimplementasikan kebijakan terkait menanggulangi permasalahan penyandang masalah kesejahteraan sosial pada teori Smith dalam (Tachzan 2006:37-38), sehingga permasalahan terkait penyandang masalah kesejahteraan sosial khususnya manusia gerobak dapat teratasi secara optimal dan menjadikan Kota Bandung menjadi salah satu kota yang memiliki masyarakat yang sejahtera dalam status kehidupan secara sosialnya. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa dalam mengimplementasikan kebijakan terkait penyandang masalah kesejahteraan sosial berfokus pada manusia gerobak Dinas Sosial Kota Bandung belum sepenuhnya optimal karena peran dari Dinas Sosial Kota Bandung dalam melakukan jangkauan (razia) masih belum maksimal terhadap manusia gerobak sehingga masih banyaknya manusia gerobak yang berkeliaran di Kota Bandung. Kata Kunci: Implementasi kebijakan, kebjakan publik, Manusia Gerobak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:21
Last Modified: 10 Oct 2023 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67079

Actions (login required)

View Item View Item