PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING (Eksperimen Pada Kelas X SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024)

SETIADI REJA TRI, 195020042 (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING (Eksperimen Pada Kelas X SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPI.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dilatar belakangi oleh adanya penggunaan model pembelajaran yang belum efektif, menyebabkan kemampuan siswa seperti pemecahan masalah, penemuan solusi, penyajian hasil karya siswa dan hasil belajar siswa yang diperoleh siswa menjadi belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Collaborative Learning, serta mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tersebut pada mata pelajaran ekonomi dengan materi konsep ilmu ekonomi di SMA Pasundan 2 Bandung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pretest dan posttest, serta dokumentasi untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan studi quasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa dilihat berdasarkan nilai pretest – posttest kelas eksperimen yang semula dengan nilai 57,36 menjadi 77,63. Sedangkan kelas kontrol (penerapan model Discovery Learning) hasil nilai pretest – posttest sebesar 56,34 menjadi 63,84. Dilihat dari nilai N-Gain kelas ekperimen (penerapan model pembelajaran Collaborative Learning) sebesar 46,32 atau 46,32% yang termasuk dalam kriteria N-Gain sedang, Sementara untuk rata rata N-Gain untuk kelas kontrol (penerapan model Discovery Learning) adalah 8,88 atau 8,88% yang termasuk dalam kriteria N-Gain kurang. Maka dapat dismpulkan model yang lebih efektif adalah model pembelajaran Collaborative Learning karena lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Sebagai akhir penelitian saran yang dapat diberikan kepada kepala sekolahadalah diharapkan dapat memberikan pengarahan dan dukungan kepada guru di sekolah untuk dapat mengembangkan model pembelajaran Collaborative Learning. Bagi guru diharapkan model pembelajaran Collaborative Learning ini dapat digunakan dan dikembangkan kembali. Bagi siswa, diharapkan agar lebih aktif dalam pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjutdi sekolah, kelas, atau pada mata pelajaran yang berbeda. Kata Kunci : Model pembelajaran Collaborative Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:22
Last Modified: 10 Oct 2023 04:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67072

Actions (login required)

View Item View Item