EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ENVIRONMENTAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PANTUN PESERTA DIDIK KELAS VII DENGAN BERBANTUAN MEDIA CANVA SMPN 6 LEMBANG

Agliani, Mita Zakia, 195030090 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ENVIRONMENTAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PANTUN PESERTA DIDIK KELAS VII DENGAN BERBANTUAN MEDIA CANVA SMPN 6 LEMBANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI-1.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR USTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari konteks rendahnya kemampuan menulis peserta didik, terutama dalam hal menulis kreatif pantun. Hal ini diakibatkan oleh ketidakpercayaan diri peserta didik dalam mengungkapkan ide kreatif mereka, serta rasa jenuh dan bosan dalam kelas akibat kurangnya variasi dan inovasi dalam model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, salah satu pendekatan pembelajaran yang diusulkan untuk mengatasi permasalahan ini adalah model pembelajaran Environmental learning. Tujuan utama penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis kreatif pantun peserta didik. Penelitian juga bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan model pembelajaran Environmental learning dalam meningkatkan kemampuan menulis kreatif pantun, serta untuk membandingkan hasil antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Environmental learning dengan bantuan aplikasi Canva dan peserta didik pada kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, uji coba, tes, observasi, dan analisis data. Data Pretes dan posttes diperoleh dari kelas eksperimen dan kelompok kontrol peserta didik kelas VII di SMPN 6 Lembang. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan penting: Pertama, peneliti berhasil merancang, melaksanakan, dan menilai penerapan model pembelajaran Environmental learning dengan bantuan aplikasi Canva dalam mengajar kemampuan menulis kreatif pantun, dengan nilai rata-rata penilaian sebesar 3,7. Kedua, terlihat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis kreatif pantun di kelas VII, terutama pada kelas eksperimen. Nilai rata-rata antara Pretes dan posttes di kelas eksperimen meningkat dari 64,5 menjadi 82,33, sementara di kelas kontrol meningkat dari 59,833 menjadi 74,66. Ketiga, peserta didik di kelas eksperimen berhasil menguasai kemampuan menulis kreatif pantun lebih baik, terutama dengan bantuan model pembelajaran Environmental learning. Dalam hal ini, model tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis kreatif pantun peserta didik. Terakhir, perbedaan penggunaan aplikasi Canva dalam model pembelajaran terlihat signifikan antara kelas eksperimen dan kelompok kontrol. Output tabel statistik menunjukkan bahwa nilai Asymp.sig sebesar 0,001, yang lebih rendah dari nilai signifikansi 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan aplikasi Canva memiliki perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis kreatif pantun antara kelas eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, hasil penelitian ini membuktikan efektivitas model pembelajaran Environmental learning dengan bantuan aplikasi Canva dalam mengembangkan kemampuan menulis kreatif pantun pada peserta didik kelas VII. Kata kunci: Menulis, Model pembelajaran Environmental learning, Pantun, Canva.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Oct 2023 09:00
Last Modified: 09 Oct 2023 09:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67026

Actions (login required)

View Item View Item