PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELFREGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL CONCEPT MAPPING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN

DEWI, NINA CASNIYAH, 195050059 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELFREGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL CONCEPT MAPPING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan Koneksi matematis dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan oleh siswa untuk memahami dan membantu menyelesaikan suatu permasalahan dalam matematika. Namun kemampuan koneksi matematis ternyata masih tergolong rendah. Kemampuan koneksi matematis siswa dapat dipengaruhi oleh sikap self-regulated learning. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan dalam melatih kemampuan koneksi matematis tersebut adalah melalui model concept mapping berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apakah didapati peningkatan pada suatu kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapat kelas dengan pembelajaran concept mapping lebih unggul daripada siswa yang mendapat kelas dengan pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui apakah self-regulated learning siswa pada kelas yang mendapat pembelajaran concept mapping berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang mendapat kelas pembelajaran konvensional; (3) Mengetahui adanya sebuah korelasi pada suatu kemampuan koneksi matematis dan juga self-regulated learning siswa yang mendapat kelas pembelajaran concept mapping; (4) Mengetahui efektivitas model pembelajaran concept mapping kepada suatu kemampuan yaitu koneksi matematis siswa. Metode yang dipergunakan dalam penelitian yang dijalani ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design, subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan VII F SMP N 40 Bandung. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan mempernggunakan sebuah teknik purposive sampling, dengan menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat temuan-temuan baru: (1) Terjadi peningkatan yang lebih tinggi dalam suatu kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapat kelas pembelajaran concept mapping daripada siswa yang mendapat kelas pembelajaran konvensional;(2) self-regulated learning pada diri siswa yang mendapat kelas pembelajaran concept mapping lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh kelas pembelajaran konvensional; (3) Terdapat suatu korelasi positif diantara kemampuan koneksi matematis dan self-regulated learning siswa yang memperoleh kelas pembelajaran concept mappping; (4) Model pembelajaran concept mapping terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan self-regulated learning siswa Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, self-regulated learning, Model Concept Mapping,Video Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:53
Last Modified: 09 Oct 2023 08:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67025

Actions (login required)

View Item View Item