IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA

Ramadhini , Aliya Suci, 195040040 (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kreativitas adalah salah satu penunjang proses pembelajaran oleh karena itu berpikir kreatif adalah salah satu hal penting yang harus di perhatikan pada saat proses pembelajaran berlangasung. Untuuk mengetahui peningkatan berpikir kreatif siswa dalam pelajaran biologi ini, penulis menggunakan aplikasi ethnoedugames dalam megukur peningkatan berpikir kreatif pada siswa kelas XI dalam materi sistem koordinasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 di SMA PGRI 31 Pangalengan, pada pelitian kali ini penulis menggunaka desain penelitian kualitatif dengan metode quasyeksperimen dengan menggunakan test yaitu pretest dan postest dengan jumlah soal masing masing 20 soal pilihan ganda, penulis juga menggunakan sistem non tes dengan penyebaran angket untuk pengumpulan data kuantitatif sebagai respon siswa terhadap aplikasi ethno-edugames dan pemahamana siswa terhadapa materi yang disampaikan. Dari hasil uji T menunjukan jumlah sig. 0,00<0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan dalam peningkatan berpikir kreatif siswa hasil N-Gain yang didapat pada kelas eksperimen senilai 0,73 temasuk kategori sedang, lalu pada kelas kontrol N-Gain senilai 0,45 yang termasuk kategori sedang. Untuk hasil angket siswa mayoritas mendapatkan hasil yang positif terhadap penggunaan aplikasi ethno-edugames dinyatakan cukup efektif untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci : aplikasi, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:19
Last Modified: 09 Oct 2023 07:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67009

Actions (login required)

View Item View Item