KULSTUM, NABILAH DZAKIYAH, 185010036 (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP SIKAP TOLERANSI ANTAR SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) (Studi Kasus Di SMA Karang Arum Kabupaten Bandung Timur. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (119kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan sikap toleransi siswa melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA Karang Arum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru PPKn dan siswa SMA Karang Arum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan implementasi nilai-nilai Pancasila melalui mata pelajaran PPKn di SMA Karang Arum telah berjalan dengan baik, terutama dalam memperhatikan keempat komponen perangkat pembelajaran. Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PPKn juga memberikan dampak positif terhadap sikap toleransi siswa, terutama dalam pemahaman siswa terhadap makna nilai-nilai Pancasila. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan sikap toleransi melalui pembelajaran PPKn di SMA Karang Arum, yaitu materi kependudukan, pelajaran yang terkadang membosankan, serta metode pembelajaran yang terlalu banyak mengandalkan hafalan. Untuk mengatasi hambatan tersebut, diperlukan solusi berupa kerja sama antara pihak sekolah dan keluarga, menerapkan model pembelajaran yang lebih kreatif dan interaktif, serta membangun interaksi guru dan siswa yang lebih terbuka dan ramah. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih maksimal dari pihak sekolah, orang tua, dan siswa dalam memperkuat implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PPKn agar dapat membentuk sikap toleransi antar siswa yang lebih baik. Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Sila Pancasila, Toleransi, NilaiNilai Pancasila
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 06:15 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 06:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66992 |
Actions (login required)
View Item |