GAYA KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM ORGANISASI: AIESEC IN INDONESIA (Deskripsi Kualitatif Gaya Komunikasi Kepemimpinan Perempuan dalam Organisasi AIESEC in Indonesia)

Karisti, Allegra (2023) GAYA KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM ORGANISASI: AIESEC IN INDONESIA (Deskripsi Kualitatif Gaya Komunikasi Kepemimpinan Perempuan dalam Organisasi AIESEC in Indonesia). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
9. BAB I PENDAHULUAN_Allegra2023.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Kata Pengantar_Allegra2023.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi_Allegra2023.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak 3 Bahasa_Allegra2023.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover Skripsi_Allegra2023.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan_Allegra2023.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN_Allegra2023.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka_Allegra2023.pdf

Download (813kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki judul “Gaya Komunikasi Kepemimpinan Perempuan dalam Organisasi AIESEC in Indonesia”. AIESEC in Indonesia merupakan sebuah bagian dari organisasi global, AIESEC yang merupakan organisasi anak muda yang juga tersebar di seluruh dunia. Banyaknya peningkatan di dunia akan perempuan dalam mengambil peran kepemimpinan yang didasari dari beberapa data lembaran laporan pengamat lain mengenai isu serupa melatarbelakangi penulisan penelitian ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gaya komunikasi kepemimpinan perempuan dengan menggunakan teori gaya komunikasi kepemimpinan menurut Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss (1998). Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan prosedur pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan gaya komunikasi kepemimpinan yang dinyatakan oleh Stewart L.Tubbs dan Sylvia Moss yang dilakukan oleh pemimpin perempuan organisasi AIESEC in Indonesia. Gaya komunikasi controlling style dapat dilakukan melalui penjelasan konteks terlebih dahulu, equalitarian style dapat digunakan untuk membangun partisipasi anggota, gaya struktural harus diperhatikan secara teliti karena adanya keterkaitan akan values yang disampaikan, gaya dinamis mempunyai cara tersendiri dalam pendekatannya dikarenakan situasi yang tidak pasti, dan terakhir relinquishing di mana para anggota dapat memberikan kritik dan saran kepada pemimpinnya. Sebagai perempuan, para pemimpin perempuan AIESEC in Indonesia dapat menempatkan kapan harus menggunakan karakter feminin dan juga maskulin, yang membuat anggota dapat merasa nyaman dan mampu bertanggung jawab atas tanggung jawabnya. Kata Kunci: Gaya Komunikasi, Kepemimpinan, Perempuan, Organisasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:22
Last Modified: 09 Oct 2023 06:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66989

Actions (login required)

View Item View Item